4 Langkah Cerdas Persiapkan Hari Tua ala Miliarder Kelas Dunia

4 Langkah Cerdas Persiapkan Hari Tua ala Miliarder Kelas Dunia

Menjadi tua bukanlah pilihan, namun keniscayaan yang akan dilalui semua manusia yang hidup di dunia ini. Namun menjadi tua bukan berarti kita memilih untuk menjadi tak berdaya lantaran kondisi finansial yang pas-pasan, lalu mengharapkan bantuan dari anak cucu kelak.

Agar tak mengalami masa tua seperti itu, kalian harus mempersiapkan masa tua kalian sejak dini seperti contohnya membuat bisnis sampingan. Tidak ada alasan karena masih berusia sangat muda, kalian malah menunda-nunda persiapan masa pensiun kelak. Jangankan anak muda yang berpenghasilan pas-pasan, orang kaya yang sangat terkenal di dunia sekelas Warren Buffet pun juga mempersiapkan masa tuanya sejak lama. Berikut rahasia persiapkan masa tua ala miliarder:

  1. Lebih Banyak Menabung

Menurut penelitian dari UC Berkeley, orang-orang kaya memiliki kecenderungan untuk menabung lebih banyak daripada orang biasa. Mereka bisa menabung hingga 40% dari pendapatan mereka per bulannya. Orang dengan kekayaan yang kurang justru hanya menabung sekitar 10 – 12% dari pendapatan per bulannya. Untuk mempersiapkan masa tua nanti, Anda tak perlu menabung sebanyak itu jika memang tak memiliki anggaran yang cukup. Namun cobalah untuk mematok 15% dari pendapatan Anda untuk dialokasikan ke tabungan. Sebab hanya dengan membiasakan diri untuk disiplin menabung, Anda bisa menumpuk kekayaan untuk masa depan kelak.

  1. Kebiasaan Hidup Sederhana

Tahukah kamu, banyak orang kaya yang tetap menerapkan hidup hemat dan sederhana meski mereka bisa memiliki segala yang mereka inginkan? Hal tersebut tentu dilakukan untuk mempersiapkan ketidakmungkinan yang bisa terjadi pada siapa saja di masa mendatang. Roda kehidupan selalu berputar, jika seseorang dianugerahi dengan harta yang melimpah hari ini belum tentu ia akan makmur sejahtera selamanya. Untuk itu, tak perlu sombong dan berhura-hura jika pendapatanmu selalu meningkat setiap tahunnya, menerapkan gaya hidup sederhana adalah pilihan yang bijak demi mempersiapkan masa tua kelak.

  1. Siapkan Bisnis Cadangan

Mungkin Anda merupakan salah seorang yang hidup dengan mencari aman, mengandalkan gaji bulanan untuk memenuhi kebutuhan hidup tak selamanya akan berhasil. Semakin tinggi resiko yang diambil dalam sebuah pengambilan keputusan, akan berdampak pada manfaat yang tinggi pula atas apa yang kalian pertaruhkan. Analogi tersebut kiranya tepat agar Anda tak terlalu bersandar dan mencari aman dari penghasilan per bulannya. Jika perlu bukalah beberapa bisnis cadangan agar penghasilan tidak hanya datang dari gaji semata. Jika sesuatu terjadi pada Anda yang membuat Anda tak lagi bisa produktif bekerja pada suatu perusahaan, Anda masih bisa mengandalkan penghasilan dari bisnis yang telah Anda persiapkan sebelumnya.

Bahkan hal ini juga dilakukan oleh banyak artis terkaya di Indonesia. Sebut saja Rafi Ahmad, Inul Daratista, Luna Maya dan masih banyak lagi contoh lainnya mereka tidak hanya mengandalkan profesinya sebagai entertainer, namun juga memiliki beragam bisnis sampingan untuk menopang kebutuhannya.

  1. Ambil Keputusan Finansial dengan Bijak

Dalam memutuskan untuk menggunakan produk-produk finansial seperti pinjaman tanpa agunan, kredit pemilikan rumah (KPR), kredit kendaraan bermotor dan lain sebagainya hendaknya Anda pikirkan terlebih dahulu dengan bijak. Agar memasuki usia tua dengan tenang tanpa harus dikejar-kejar utang dari cicilan yang jumlahnya sangat banyak, Anda harus mempertimbangkan langkah Anda dalam mengambil keputusan finansial. Jangan paksakan diri mengambil cicilan yang lama tenornya, karena kita tidak pernah mengatahui bagaimana masa depan milik kita kelak. Ambillah cicilan dengan tenor yang terpendek sehingga bisa cepat dilunasi, atau jika memungkinkan belilah semuanya secara tunai sehingga tak ada utang di kemudian hari.

Related posts

Leave a Comment