Bagaimana Menciptakan Keluarga Bahagia Di Setiap Suasana ?

Bagaimana Menciptakan Keluarga Bahagia Di Setiap Suasana

Keluarga bahagia adalah sebuah keadaan di mana antara para anggota keluarganya saling memiliki rasa kasih sayang, menghormati, mengetahui hak dan kewajiban masing-masing serta mengerti di mana tempat dan posisinya dalam suatu keluarga. Keluarga yang bahagia seperti ini hanya dapat dibangun lewat komunikasi yang intens antar anggotanya, sehingga masing-masing anggota mulai dari orangtua hingga anak-anak mengerti peran dan kewajibannya di dalam rumah serta di dalam masyarakat. Meluangkan waktu untuk berinteraksi bersama anak dan anggota keluarga di rumah serta menanamkan nilai-nilai sosial dan agama pada mereka adalah salah satu cara untuk menjadi keluarga yang bahagia.

Keluarga Bahagia Tidak Selalu Harus Serba Memiliki

Sebuah keluarga yang bahagia tidak selalu diidentikkan dengan uang yang banyak, karena seperti yang kita pernah dengar, uang tidak bisa membeli kebahagiaan. Keluarga bahagia tidak harus memiliki rumah besar, mobil mewah serta anak-anaknya bersekolah di tempat yang mahal. Keluarga yang bahagia bisa jadi merupakan keluarga sederhana yang penghasilan kedua orangtuanya tidak seberapa, namun memiliki banyak cinta di dalamnya. Karena yang terpenting dari kebahagiaan di dalam keluarga bukanlah seberapa banyak harta yang dimiliki namun seberapa tinggi kasih sayang yang dicurahkan serta seberapa sering meluangkan waktu bersama keluarga. Waktu bersama keluarga dianggap penting karena orangtua seringkali tidak berada di rumah untuk bekerja sehingga waktu berkumpul bersama keluarga akan terasa sangat istimewa.

Kumpul Bersama Keluarga Menjadikan Suasana Harmonis

Berkumpul sebagai satu keluarga dapat dilakukan dengan bepergian ke tempat-tempat wisata. Tidak perlu berwisata yang terlalu jauh sampai ke luar negeri. Cukup singgahi lokasi-lokasi wisata yang masih satu kota atau provinsi, karena yang terpenting dari acara ini adalah meluangkan waktu bersama keluarga. Jika ternyata masih kekurangan waktu untuk pergi berlibur karena kesibukan bekerja, sempatkanlah waktu di rumah untuk berbagi cerita bersama anak-anak. Sekedar duduk bersama untuk menonton televisi atau mendengarkan cerita mereka di sekolah sudah merupakan waktu berkualitas sebagai sebuah keluarga.

Kiat Membangun Keluarga Bahagia

Setiap yang sudah berkeluarga pasti memimpikan keluarga bahagia tidak terkecuali Anda. Akan tetapi kenyataan tidak selalu berkata demikian. Faktanya banyak masalah yang sering terjadi di dalam keluarga sehingga hubungan anggota keluarga bisa jadi renggang dan menjauh tanpa kasih sayang seperti dahulu kala. Memahami pemicu masalah yang menyebabkan terjadinya kerenggangan tersebut merupakan solusi paling tepat, namun mempertahankan kebahagiaan dan mencegah terjadinya kerenggangan juga sangat penting untuk dilakukan.

Keluarga Bahagia Selalu Memberikan Perhatian

Perhatian memegang peranan yang sangat penting dalam sebuah hubungan keluarga. Setiap anggota keluarga berhak mendapatkan perhatian baik itu ayah, ibu maupun anak tanpa kecuali. Perhatian merupakan sebuah hubungan timbal balik dimana setiap anggota wajib memberikan dan berhak menerimanya. Jika perhatian di dalam sebuah keluarga sudah berkurang, maka berkuranglah keharmonisan tersebut. Perhatian bisa ditunjukkan dengan berbagai cara salah satunya dengan memasakkan makanan bagi seorang Ibu dan memberikan nasihat bagi seorang Ayah. Menciptakan keluarga bahagia akan lebih mudah jika rasa perhatian tetap dipelihara.

Dan Keluarga Dapat Menerima Segala Kekurangan

Setiap manusia pasti memiliki kekurangan, namun itu bukan berarti sebuah kelemahan. Selama kekurangan tersebut tidak menyakiti satu sama lain maka sebaiknya anggota keluarga saling menerima dan mengerti. Misalnya anak Anda mungkin pemalu dan tertutup sehingga sebagai orangtua Anda harus memahaminya dengan tidak memaksanya menjadi pemberani, namun menuntunnya agar dia tidak segan memberitahu Anda apa yang ingin dia katakana jika memang diperlukan. Berbicara dengan anak harus dilakukan secara tepat sehingga anak tidak merasa tertekan. Duduklah bersama buah hati Anda sambil minum teh dan menghangatkan suasana kemudian ajaklah anak Anda berbicara. Sariwangi bisa menjadi pilihan teh yang tepat karena rasanya yang nikmat dan romanya yang harum. Selain itu cara pembuatannya juga mudah dan simple. Ngobrol sambil minum teh di sore atau pagi hari memang menyenangkan. Secangkir teh bisa mencairkan suasana dan menjalin keakraban. Jadi bangunlah keluarga bahagia dimulai dari memberikan perhatian dan pengertian agar terjalin hubungan keakraban dan keharmonisan antar anggota keluarga.

Related posts

Leave a Comment