Bahaya Terlalu Memanjakan Anak

Bahaya Terlalu Memanjakan Anak

Bahaya Terlalu Memanjakan Anak – Orang tua memang sudah seharusnya mencintai dan menyayangi anaknya lebih dari apapun, namun ternyata terlalu memanjakan anak dapat berdampak buruk dan berbahaya untuk anak itu sendiri. Anak akan menjadi semakin banyak maunya dan memiliki sifat yang tidak baik serta terlalu memanjakan anak akan mengakibatkan anak menjadi sangat sulit untuk menjadi dewasa.

Orang tua jangan selalu menuruti segala kemauan anak, karena hal ini akan membuat anak menjadi manja dan karakternya menjadi tidak baik. Ada beberapa bahaya dan dampak akibat terlalu memanjakan anak :

1. Anak Semakin Banyak Maunya

Apabila anda selalu dipenuhi keinginannya, maka orang tua akan sangat sulit untuk menolak kemauan anak. Hal ini tidak boleh terjadi, karena pada saatnya nanti orang tua akan merasa kewalahan sendiri karena berbagai permintaan anak yang sudah menjadi kebiasaan itu.

2. Anak Semakin Keras Kepala

Anak yang keras kepala biasanya akan menjadi anak yang pemarah, jika permintaannya tidak dituruti maka dia akan marah. Nantinya anda akan kewalahan dengan anak yang pemarah, maka dari itu sudah sejak dini jangan terlalu memanjakan anak yang berlebihan.

3. Anak Semakin Egois

Egois atau mau menang sendiri tanpa peduli dengan kondisi orang lain adalah ciri dan sifat anak yang akan timbul jika dia selalu dimanja, anak dengan sifat egois yang tinggi cenderung akan memiliki sifat buruk lainnya seperti pamer dan tidak bisa lepas dari orang tua.

4. Anak Semakin Melawan Orang Tua

Anak yang selalu dimanja oleh orang tuanya kebanyakan tidak menjadi sosok yang baik dan menghormati orang tuanya, anak yang seperti ini cenderung selalu memikirkan masalah duniawi. Bahkan anak menjadi pembangkang dan melawan orang tua kalau kemauannya tidak dituruti.

5. Anak Tidak Menjadi Dewasa

Semua orang tua menginginkan anaknya cepat tumbuh menjadi orang dewasa, bisa membedakan yang baik dan yang buruk. Namun, anak yang masa kecilnya terlalu dimanja ketika dia besar belum tentu menjadi orang yang dewasa.  Karena anak yang manja tidak bisa melepaskan diri dari orang tua, dan selalu takut juga tidak memiliki rasa percaya diri.

6. Sulit Bersosialisasi

Pada saat anak besar, dia butuh bergaul dengan teman dan sahabat yang banyak. Akan tetapi, jika masa kecilnya anda terlalu memanjakan dia secara berlebihan maka kelak dia akan menjadi sosok yang penakut dan tidak bisa berinteraksi dengan dunia luar.

Related posts

Leave a Comment