Cara Mencegah dan Menyembuhkan Virus Zika

Cara Mencegah dan Menyembuhkan Virus Zika

Cara Mencegah dan Menyembuhkan Virus Zika – Berita terbaru baru-baru ini yaitu tentang penyakit virus yang dibawa oleh nyamuk selain virus demam berdara, sekarang nyamuk tidak hanya dapat menyebabkan penyakit demam berdarah melainkan ada lagi penyakit baru yang disebut virus zika yang disebabkan oleh gigitan nyamuk juga. Nyamuk termasuk serangga yang bisa membawa berbagai penyakit yang ditularkannya kepada manusia, karena nyamuk menghisap darah siapa saja baik itu darah hewan maupun darah manusia yang lainnya.

Kita tidak tahu, apakah darah yang dibawah nyamuk itu mengandung penyakit atau virus ? tetapi yang pasti adalah, bahaya virus zika sudah menyebar di berbagai daerah di luar negeri, semoga saja virus zika tidak menyebar di Indonesia. Virus zika berasal dari wilayah Uganda, Afrika Timur dimana banyak nyamuk yang membawa virus ini disana.

1. Gejala Virus Zika

Walaupun virus zika tidak menyebabkan kematian seperti penyakit virus demam berdarah dan malaria, gejala orang yang terserang nyamuk zika juga tidak begitu nampak seperti adanya bintik-bintik kecil berwarna merah dan dan persendian tulang terasa sakit. Gejala ini biasanya terjadi 1-7 hari setelah orang tersebut digigit oleh nyamuk zika.

2. Cara Mencegah Virus Zika

Sama halnya dengan nyamuk pembawa virus demam berdarah dan malaria, untuk mencegah nyamuk zika menyerang yaitu dengan menutup ventilasi dengan kawat nyamuk dan membersihkan juga menutup bak mandi dan kolam penampungan air agar tidak ada jentik nyamuk di sekitar rumah anda.

3. Cara Menyembuhkan Virus Zika

Memang tidak ada vaksin khusus untuk mengobati virus zika, untuk menyembuhkan virus ini yaitu dengan memperbanyak minum air putih agar tidak dehidrasi dan minum obat penurun panas apabila anda sudah mulai merasakan demam dan suhu badan naik. Selain itu, anda juga harus langsung memeriksakan diri ke puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

4. Dampak bagi Wanita Hamil

Wanita yang sedang hamil jangan sampai terkena gigitan nyamuk pembawa virus zika, dampak virus ini bisa menular kepada janin dan dalam beberapa kasus virus ini dapat merusak perkembangan otak sehingga kepala bayi akan berukuran lebih kecil dari normalnya.

Biasakan hidup bersih untuk diri sendiri dan membersihkan lingkungan sekitar agar terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh nyamuk yang membawa berbagai penyakit dan virus.

Related posts