Cara Mendidik Anak Yang Baik Dan Benar Menurut Islam

Cara Mendidik Anak Yang Baik Dan Benar Menurut Islam

Cara Mendidik Anak Yang Baik Dan Benar Menurut Islam – Memiliki anak adalah kebahagiaan yang tak ternilai oleh apapun juga, anak adalah titipan Allah Swt yang harus dijaga dan diberikan kasih sayang yang maksimal juga harus diberikan pendidikan yang baik dan benar sesuai dengan syariat Islam. Untuk mendidik dan mengajarkan anak dengan baik dan benar sesuai dengan tuntunan agama Islam, maka dari itu orang tua harus mengetahui apa saja yang bisa diajarkan kepada anak sejak dini.

Setiap orang tua pastinya menginginkan segala yang terbaik untuk anaknya, besar harapan orang tua agar anaknya menjadi sholeh atau sholehah dan memiliki sifat yang baik seperti sifat Rasulullah yaitu Siddiq (Perkataan dan Perbuatannya Benar), Amanah (Dapat Dipercaya), Tabligh (Menyampaikan Sesuatu yang Benar) dan Fathonah (Bijaksana).

1. Mengenalkan Anak Tentang Tauhid

Ketika anak baru lahir, ayah diharuskan untuk mengazankan di telinga sebelah kanan anak dan meng-iqomat-kan di telinga sebelah kiri. Hal ini adalah pendidikan yang pertama yang diberikan kepada anak tentang ke Esa-an Allah Swt, kalimat Lailahaillaallah dan Muhammad Rosulullah yang ada pada azan dan iqamat menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan selain Allah Swt dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah.

2. Mendidik Anak Shalat Wajib 5 Waktu

Orang tua harus mengajarkan anaknya shalat, diawali dengan mengajaknya untuk berwudhu dan kemudian shalat berjamaah bisa di masjid atau bisa juga di rumah. Metode pembiasaan dan percontohan merupakan metode yang paling tepat digunakan, karena anak dengan sendirinya akan mengikuti apa yang diajarkan dan dilakukan oleh orang tuanya.

3. Mengajarkan Anak Melakukan Ibadah Lainnya

Ibadah lainnya yang diajarkan kepada anak seperti ibadah puasa dan membaca Al – Qur’an, anak cenderung lebih cepat menghafal maka dari itu sedikit demi sedikit ajarkan anak untuk selalu membaca Al-Qur’an dimulai dari surah-surah yang pendek dan semakin sering mengulang maka akan semakin baik dan anak akan semakin hafal.

4. Mendidik Tentang Pergaulan yang Baik

Anak nantinya akan bermain bersama teman-temannya dan akan belajar banyak hal di lingkungannya, maka dari itu orang tua harus mengajarkan anak tentang tata cara bergaul yang benar dan juga harus memberi tahu kepada anak tentang tata cara pergaulan yang salah agar anak tidak melakukannya. Sopan santun berpakaian juga harus diajarkan kepada anak, memakai jilbab untuk anak perempuan untuk menutupi rambutnya.

5. Menjadi Teman dan Sahabat untuk Anak

Anak setelah berinteraksi dengan dunia luar, otomatis akan kembali ke orang tuanya. Biasanya anak akan menceritakan banyak hal kepada orang tuanya, jadilah pendengar yang baik untuk mendengarkan cerita anak karena anda akan bisa mengetahui ilmu apa saja yang dia dapatkan dari dunia luar dan juga anda bisa memantau perkembangan anak. Selain itu, anak biasanya anak membutuhkan solusi dari segala permasalahan yang ditemuinya di lingkungannya dan orang tua harus siap menjadi teman dan sahabatnya untuk memecahkan permasalahan tersebut bersama-sama.

Related posts

Leave a Comment