Cara Mengajarkan Anak Menabung dan Berhemat

Cara Mengajarkan Anak Menabung dan Berhemat

Cara Mengajarkan Anak Menabung dan Berhemat – Orang tua sejak dini sudah harus mengajarkan anak bagaimana cara mengelola uang dengan baik dan bijaksana. Mengajarkan cara menabung dan berhemat merupakan langkah awal yang paling mudah untuk memberikan pemahaman kepada anak agar anak tidak boros dan bisa menyisihkan sebagian uangnya untuk masa depannya nanti. Mengelola keuangan yang paling simpel adalah dengan cara menabung dan berhemat, apabila orang tua tidak mengajarkan anak untuk mengelola keuangan maka niscaya anak akan menjadi pribadi yang boros dan konsumtif.

Anak sulit untuk menabung, sulit untuk membuat perencanaan keuangan, terlalu boros dan menghabur-hamburkan uang untuk hal yang tidak perlu adalah akibat yang akan dirasakan oleh anak apabila orang tua tidak mengajarkan cara mengelola keuangan kepada anak sejak dini. Yuk, mulai sekarang ajarkan anak untuk mengelola uangnya dan mengeluarkannya secara bijaksana dengan beberapa tips di bawah ini :

1. Sistem Upah

Anak akan diberi hadiah baik berupa barang atau bisa juga berupa uang tunai jika anak berhasil mengerjakan PR dengan baik, atau anak sudah selesai beres-beres rumah. Hal ini dapat membuat anak bekerja keras untuk mendapatkan hadiah atau uang, dan anak tidak mendapatkan uang secara cuma-cuma yang akan membuatnya menjadi anak yang manja jika begitu.

2. Ajarkan Anak Berhemat

Tidak masalah jika anak kecil sudah mengenal uang, akan tetapi orang tua harus dapat membimbing anak untuk selalu berhemat dalam mengeluarkan uang. Anak diajarkan untuk mencatat terlebih dahulu daftar belanjaan yang nanti akan dibeli, agar anak tidak membeli barang yang tidak ada dalam daftar. Hal tersebut sangat efektif untuk membuat anak berhemat.

3. Mengajarkan Menabung

Anak sudah harus bisa menabung pada waktu kecil, agar ketika dia besar mampu mengelola uangnya sendiri untuk kebutuhannya. Anak harus bisa menyisihkan uang jajannya untuk ditabung, dan akan membongkar tabungannya pada waktu tabungan sudah penuh. Anak boleh menggunakan uang tabungannya itu untuk membeli mainan atau barang kesukaannya dan orang tua harus selalu mengingatkan bahwa anak harus menyisihkan uang tabungannya itu untuk ditabung lagi di Bank. Hal ini sangat bagus untuk mengajarkan anak menabung sejak dini, agar masa depannya terjamin.

Related posts

Leave a Comment