Kawasan 3 in 1 di Jakarta 2016

Kawasan 3 in 1 di Jakarta 2016

Kawasan 3 in 1 di Jakarta 2016 – Bagi orang Jakarta yang memiliki mobil, pasti mengetahui tentang kawasan 3 in 1 yang ada disana. Akan tetapi, bagi orang yang berasal dari luar pulau belum tentu mengetahui tentang kawasan 3 in 1 dan pasti akan bertanya-tana apa itu kawasan 3 in 1 ? Sebelumnya jalur 3 in 1 diberlakukan 10 ruas jalan, namun pada tahun 2012 direvisi kembali kebijakan tentang kawasan 3 in 1 menjadi hanya 5 ruas jalan saja.

Secara umum, tujuan adanya kawasan 3 in 1 di Jakarta adalah untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi di Jakarta dengan mengefesiensikan jumlah penumpang dan mengurangi jumlah mobil di ruas jalan tersebut. Jakarta adalah ibu kota yang jalannya pasti macet pada jam-jam tertentu seperti jam berangkat dan jam pulang kantor atau pulang sekolah, sehingga apabila anda sedang berada di Jakarta dan ingin bepergian menggunakan mobil maka anda harus mengetahui jadwal dan kawasan 3 in 1 di Jakarta terbaru 2016.

Berikut ini adalah kawasan yang menerapkan sistem 3 in 1 :

1. Jl. Jenderal Sudirman

2. Jl. MH. Thamrin

3. Jl. Sisimangaraja

4. Jl. Medan Merdeka Barat

5. Jl. Majapahit

6. Persimpangan Jl. Jenderal Gatot Subroto – Jl. Gerbang Pemuda (Balai Sidang Senayan)

7. Persimpangan Jl. HR. Rasuna Said – Jl. Jenderal Gatot Subroto

Kawasan jalur 3 in 1 berlaku hanya pada hari kerja Senin – Jum’at pada jam 7.00 – 10.oo WIB dan jam 16.30-19.00 WIB, kawasan tersebut menjadi normal kembali tanpa sistem 3 in 1 pada hari sabtu dan minggu atau hari libur nasional (tanggal merah).

Tiga dalam satu atau three in one ( 3 in one ) adalah kebijakan pemerintah yang membatasi mobil pribadi yang lewat di jalan-jalan tersebut diatas, dan yang boleh lewat hanya mobil yang penumpangnya 3 orang atau lebih, sehingga akan tercipta efisiensi penumpang dan pengurangan jumlah mobil yang lewat di jalan tersebut. Maka kemacetan diharapkan akan dapat terurai dan berkurang secara signifikan.

Apabila peraturan 3 in 1 dilanggar, maka anda akan mendapatkan sanksi sebagaimana sanksi melanggar rambu-rambu dan marka jalan. Anda juga tidak diperbolehkan untuk menggunakan jasa joki, karena ini juga melanggar hukum yang sudah ditetapkan oleh kepolisian. Joki akan dikurung selama kurang lebih 3 bulan dan denda sebesar Rp 50.000, semoga informasi ini bermanfaat ya.

Related posts

Leave a Comment