Kesalahan yang Dapat Terjadi dalam Pernikahan

Kesalahan yang Dapat Terjadi dalam Pernikahan

Kesalahan yang Dapat Terjadi dalam Pernikahan – Ketika menikah, banyak sekali do’a agar menjadi keluarga yang sakinah mawadah warrahmah. Do’a tersebut memang sangat penting sekali untuk semua pasangan yang membuka lembaran baru dalam kehidupannya, karena dalam perjalanannya nanti akan banyak mengalami berbagai ujian yang mau tidak mau harus dilewati dan diselesaikan secara bersama-sama.

Sebaik dan sebagus apapun pesta pernikahan yang dibuat, tidak dapat menjamin bahwa nantinya keluarga tersebut menjadi keluarga yang bahagia dan harmonis. Banyak sekali masalah yang terjadi dalam proses perjalanan berkeluarga, tinggal bagaimana menyikapinya dengan sebaik mungkin dan saling memberikan rasa percaya kepada pasangan masing-masing untuk menjaga dan selalu berbuat hal yang baik demi keluarga.

Memang banyak orang yang berkata bahwa masalah dalam hidup berumahtangga adalah bumbu penyedap yang akan memberi rasa pada perjalanan berkeluarga. Namun, apabila masalah selalu dan terus menerus muncul maka jangan biarkan hal tersebut terjadi, segeralah cari akar permasalahannya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan tidak menyakiti siapapun.

Ada beberapa masalah yang dapat menyebabkan pasangan menjadi sakit hati, bahkan rasa sakitnya itu sangat sulit untuk diobati. Kesalahan apakah yang dapat membuat pasangan sakit hati dan kecewa ? berikut ini adalah Kesalahan yang Dapat Terjadi dalam Pernikahan :

1. Tidak Menghargai Pasangan

Bagaimana rasanya, jika pengorbanan yang sudah dilakukan oleh pasangan anda tidak anda hargai sama sekali ? Apabila anda tidak pernah menghargai dan tidak pernah bersyukur atas segala pengorbanan pasangan anda, maka pasangan anda akan merasa kecewa dan sakit hatinya.

2. Tidak Menghormati

Rasa saling menghormati harus ditumbuhkan dalam hubungan suami istri, sebagai tanda sayang dan rasa cinta yang teramat dalam. Namun, apabila dalam ikatan pernikahan tidak ada satupun yang mau menghormati pasangannya maka niscaya akan selalu muncul masalah dan pada akhirnya akan timbul rasa benci antara masing-masing pasangan.

3. Tidak Ingin Melayani

Apabila anda hanya ingin dilayani tanpa mau bergantian untuk melayani pasangan, maka pasangan anda akan merasa bahwa dia hanya dijadikan sebagai budak atau pembantu. Jangan sampai hal tersebut terjadim karena dalam hubungan suami istri haruslah saling melayani agar menjadi keluarga yang selalu harmonis dan penuh rasa kasih sayang.

4. Selalu Menyalahkan Pasangan

Jangan selalu menyalahkan pasangan anda terhadap apa yang sudah dia kerjakan, hargai pekerjaannya dan apabila ada masalah dengan suatu hal jangan langsung menyalahkan pasangan. Cari tahu dulu asal mula permasalahan tersebut, karena jika anda terus-terusan menyalahkan pasangan anda maka dia akan merasa tersakiti dan akan muncul masalah yang baru.

5. Cuek Terhadap Pasangan

Walaupun banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, usahakanlah untuk memperhatikan dan memberikan kasih sayang anda terhadap pasangan. Tunjukkan bahwa anda sangat mencintainya, dan tunjukkan bahwa kehadiran pasangan anda sangat membuat anda bahagia. Jangan cuek dan jangan mengabaikan keberadaan pasangan anda, karena pasangan anda juga ingin diperhatikan.

6. Memaki Pasangan

Berbicara dengan bahasa yang baik dan sopan adalah kunci dari komunikasi yang baik, dalam hubungan berkeluarga komunikasi harus selalu terjaga intensitasnya. Jangan berkata kasar kepada pasangan anda, jangan berteriak ketika memanggilnya dan jangan pula menghina diri pasangan anda. Bicarakan secara baik-baik dari hati ke hati untuk memecahkan persoalan yang sedang terjadi, sehingga keharmonisan tetap terjaga.

7. Memukul Pasangan

Main fisik seperti memukul dan menendang pasangan adalah perbuatan yang sudah melanggar hukum dan termasuk dalam KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga), anda bisa saja mendapat hukuman pidana karena telah melakukan KDRT.

8. Selingkuh

Kepercayaan yang sudah diberikan oleh pasangan anda harus dijaga sampai kapanpun juga, tidak berbatas waktu. Apabila anda selingkuh, maka kepercayaan pasangan anda akan hancur dan pasangan tidak akan percaya lagi kepada anda dan akan menimbulkan masalah besar seperti perceraian.

Related posts