Manfaat Mewarnai Bagi Orang Dewasa

Manfaat Mewarnai Bagi Orang Dewasa

Manfaat Mewarnai Bagi Orang Dewasa – Mulai awal tahun 2016 kemarin, muncul tren baru di Indonesia bahkan dunia yaitu tren mewarnai buku bergambar atau yang biasa disebut coloring book oleh orang dewasa. Tidak hanya anak-anak yang memiliki hobi menggambar dan mewarnai buku gambar, orang dewasa juga banyak yang memiliki hobi dan kesenangan terhadap aktivitas mewarnai coloring book ini.

Coloring book bisa didapatkan di toko buku terdekat, biasanya pensil warna dijual terpisah. Hobi baru ini muncul bukan hanya karena kesenangan saja, melainkan ada banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika sedang mewarnai atau menggambar di coloring book. Tidak ada batasan usia untuk menjalankan tren mewarnai ini, anak-anak, dewasa dan bahkan orang tua bisa melakukannya dan mendapatkan manfaat dari aktivitas menarik ini.

Berikut ini adalah Manfaat Mewarnai Bagi Orang Dewasa yang perlu anda tahu, barangkali setelah mengetahui manfaat mewarnai ini anda juga langsung tertarik untuk mengikuti tren mewarnai pada coloring book :

1. Mengusir Rasa Bosan

Pekerjaan kantor dan tugas yang menumpuk bisa menjadi beban pikiran dan menyebabkan rasa bosan yang tiba-tiba datang, menggambar dan mewarnai dapat mengusir rasa jenuh dan bosan yang sedang anda alami.

2. Pikiran Menjadi Rileks

Jalanan kota yang super macet, pekerjaan yang tidak kunjung selesai dan masalah lainnya dapat menyebabkan otak menjadi stres dan tertekan, anda perlu melakukan rileksasi dengan hal-hal yang simpel yaitu dengan menggambar dan mewarnai. Gambar apapun yang ada dipikiran anda dan warnai dengan berbagai warna yang cerah, aktivitas tersebut dapat membuat pikiran yang tadinya stres menjadi kembali rileks dan fresh kembali.

3. Menjadi Lebih Fokus

Tidak disangka, kegiatan yang biasa dilakukan oleh anak kecil ini dapat bermanfaat juga untuk melatih kemampuan motorik orang dewasa sehingga penglihatan dan otak dapat menjadi lebih fokus. Mix dan match warna dapat membuat salah satu bagian otak aktif, yaitu bagian otak yang berfungsi untuk mengorganisir pikiran agar lebih fokus dan mudah untuk konsentrasi.

4. Mengatasi Rasa Takut

Proses kegiatan menggambar dan mewarnai dapat menimbulkan efek tenang, orang dewasa yang sedang mewarnai seolah-olah menjadi sosok anak kecil yang belum memiliki beban hidup sehingga anda tidak memiliki rasa cemas dan takut untuk beberapa saat.

5. Menjadi Lebih Kreatif

Menggambar dan mewarnai dapat mengasah kemampuan menciptakan ide-ide baru yang kreatif, dengan mewarnai berarti tanpa disadari anda sudah melatih keseimbangan otak kanan dan otak kiri.

6. Terapi Ketenangan Diri

Mewarnai dipercaya sebagai pengobatan untuk orang-orang yang sedang memerlukan ketenangan jiwa, sehingga bagi yang memiliki hobi mewarnai sangatlah bermanfaat untuk membuat diri anda menjadi lebih tenang.

7. Mengatasi Stres

Menggambar dan mewarnai dapat menjadi obat paling mujarab untuk mengatasi stres, dengan mewarnai pemikiran menjadi lebih santai dan rileks sehingga kadar stres dapat segera menurun.

8. Sebagai Inspirator

Ide-ide cemerlang tumbuh apabila anda sedang mewarnai, anda bisa berkreasi untuk membuat dekorasi kamar yang cantik atau dekorasi lainnya.

9. Meningkatkan Konsentrasi

Aktivitas menggambar dan mewarnai dapat meningkatkan konsentrasi dan tingkat fokus, sehingga sangat baik jika anda mulai untuk menggambar dan mewarnai agar konsentrasi anda meningkat.

10. Objek Sasaran Emosi

Apabila anda emosi dan sangat marah, menggambar dan mewarnai dapat anda lakukan untuk mengekspresikan emosi anda dan dituangkan dalam coloring book. Permainan warna juga akan meredamkan emosi, warna hijau menandakan kesejukan hati sehingga emosi cepat mereda.

Related posts

Leave a Comment