Mengetahui Sosis Yang Berkualitas dan Layak Dikonsumsi

kulit-sosis-markaindo

Kulit Sosis Markaindo – Sosis saat ini semakin popular dalam masyarakat. Selain praktis, produk olahan daging ini juga memiliki rasa yang enak dan nutrisi yang dikandung pun juga baik untuk tubuh. Di Indonesia sendiri, hampir dari seluruh lapisan masyarakat dapat menikmati sosis, sebab sosis ini dijual di banyak warung kecil, minimarket hingga supermarket. Harganya pun variatif, dengan demikian sosis ini bisa dibilang sebagai makanan yang merakyat.

Keberadaan sosis memang sangat mudah untuk ditemukan, namun tidak semua produsen menyediakan produk olahan daging ini sebagai makanan yang menyehatkan. Oleh karenanya, sebagai konsumen, Anda dianjurkan untuk cermat dalam memilih dan membeli sosis. Tidak sedikit produsen yang bertindak curang, misalnya saja mereka membuat sosis bukan dari daging, melainkan hanya dengan tepung dan bahan kimia campuran lainnya.

Untuk menghindari kesalahan dalam membeli sosis, tentu saja Anda harus mengetahui tips – tips memilih sosis yang berkualitas, baik dari segi bahan, pengolahan hingga kemasannya. Nah untuk lebih jelasnya, berikut akan kami ulas mengenai tips memilih sosis yang baik untuk dikonsumsi.

Kemasan

Kemasan menempati urutan pertama dalam pembahasan kali ini, mengapa demikian? Tentu saja karena kemasan adalah bagian pertama yang bisa diamati secara langsung. Untuk mendapatkan sosis yang berkualitas, pastikan Anda memilih produk sosis yang bermerk. Setelah itu perhatikan juga nama produsen, komposisi, alamat, info nutrisi, nomor registrasi dari BPOM hingga tanggal kadaluwarsanya.

Sosis yang bermerk biasanya sudah menjadi pemasok sosis dengan jam terbang tinggi, dari sini bisa menjadi salah satu indikator bahwa produk sosis yang dipasarkan pun telah mampu memberikan kepuasan bagi para konsumen.

Warna Daging Sosis

Beralih dari kemasan, lanjut pada bagian warna sosis. Namun sebelum itu, pastikan bahwa casing atau kulit sosis tersebut adalah kulit sosis Markaindo. Untuk warna sosis, sosis daging sapi biasanya berwarna cokelat kemerahan, layaknya daging sapi pada umumnya. Lalu untuk daging ayam, biasanya sosis tersebut berwarna pucat. Jadi telitilah memperhatikan warna sosis yang telah Anda beli.

Aroma Sosis

Meskipun daging sebagai bahan dasar sosis sudah diolah sedemikian rupa menjadi sosis, akan tetapi aroma yang dibawanya tidaklah jauh berbeda dari daging sapi atau ayam pada umumnya. Aroma khas daging tersebut tidak tajam, namun tetap tercium, oleh karenanya, pastikan bahwa sosis yang Anda beli memiliki aroma khas daging sapi atau ayam ya.

Tekstur Sosis

Sosis dengan kualitas yang baik mempunyai tingkat kekenyalan sedang, dalam artian sosis tersebut tidak terlalu keras atau kenyal, juga tidak terlalu lunak atau empuk. Ketika Anda memotong sosis, akan bisa dilihat pori – pori pada permukaan sosis yang dihasilkan oleh daging sapi atau ayam yang dicincang atau dihaluskan.

Warna Tidak Berubah Saat dimasak

Sosis yang berbahan alami tidak akan berubah warna saat dimasak. Lain halnya sosis yang dibuat dengan menggunakan pewarna buatan yang warnanya rentan luntur ketika dimasak. Sosis yang baik untuk dikonsumsi akan memiliki warna yang konsisten saat dimasak, baik itu direbus, digoreng maupun dibakar.

Rasa Daging Yang Khas

Sosis yang baik untuk kesehatan adalah sosis yang memiliki rasa daging yang khas. Saat dimakan, sosis yang berkualitas menghasilkan rasa daging yang kuat dan tidak getir saat berada di dalam mulut.

Nah demikian tadi beberapa tips untuk mengetahui sosis yang berkualitas dan layak untuk dikonsumsi. Karena makanan olahan daging ini begitu diminati oleh segala kalangan hingga usia, pastikan Anda juga cermat dalam memilih dan membelinya. Terlebih jika anak – anak Anda sangat menyukai sosis, tentu kewaspadaan Anda harus ditingkatkan agar sosis yang dikonsumsi anak bisa menjadi penyumbang nutrisi yang baik bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Related posts