Pentingnya Suplemen Olahraga untuk Menunjang Aktivitas Olahraga

Pentingnya Suplemen Olahraga untuk Menunjang Aktivitas Olahraga

Pentingnya Suplemen Olahraga untuk Menunjang Aktivitas Olahraga – Saat ini banyak sekali suplemen makanan yang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi harian tubuh anda. Namun selain suplemen makanan, terdapat juga suplemen olahraga yang bermanfaat untuk menunjang aktivitas olahraga anda. Suplemen olahraga juga terdiri dari beberapa jenis, setiap jenis memiliki fungsi yang berbeda mulai untuk menambah energi, merangsang otot tubuh atau untuk membentuk tubuh agar terlihat lebih atletis.

Untuk mengetahui informasi lebih jelasnya, berikut ini merupakan beberapa jenis suplemen olahraga yang banyak beredar di pasaran, yaitu :

Minuman Isotonik

Minuman ini bermanfaat untuk mengganti cairan yang hilang setelah beraktivitas. Meskipun begitu, minuman isotonik ini dapat berdampak buruk jika dikonsumsi sembarangan karena mengandung asam sitrat. Zat asam tersebut dapat bersifat erosif yang dapat berdampak pada kesehatan gigi dan lambung. Maka dari itu, sebaiknya minuman ini dikonsumsi dengan cepat dan sebaiknya dalam keadaan dingin. Hal ini dikarenakan, zat-zat yang terkandung di dalam minuman ini dapat diserap dengan cepat pada saluran pencernaan.

Minuman Berenergi

Minuman ini dapat bermanfaat untuk membantu menghasilkan sumber energi dari karbohidrat, protein dan lemak. Namun anda perlu waspada jika terjadi perubahan secara drastis pada tubuh. Jika setelah minum minuman berenergi tubuh mendadak kembali bersemangat dan tidak mudah capek, maka anda patut waspada karena bisa jadi itu pertanda efek dopping. Tanpa kita sadari jika tubuh terus dipaksa untuk bekerja keras, sehingga akibatnya fungsi organ penting dalam tubuh seperti hati, ginjal dan jantung mengalami gangguan.

Suplemen Creatine

Suplemen yang satu ini mampu merangsang sel-sel otot di dalam tubuh, sehingga otot tubuh dapat terlihat kekar dan kencang tanpa harus melakukan latihan berat. Suplemen ini tidak akan berdampak buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi dengan takaran yang tepat, tetapi jika melebihi dosis dan tanpa diimbangi dengan olahraga teratur dapat mempengaruhi kesehatan ginjal.

Suplemen Hormon

Suplemen ini biasanya berbentuk susu protein, manfaat mengkonsumsi suplemen ini mampu menambah tenaga dan membentuk otot-otot tubuh. Namun sebelum mengkonsumsinya, sebaiknya anda mengkonsumsinya sesuai dengan petunjuk dokter. Jika aturan pakainya sembarangan dapat membahayakan kesehatan tubuh, karena suplemen ini bekerja dengan mempengaruhi hormon di dalam tubuh.

Meskipun suplemen olahraga diatas memiliki banyak manfaat, namun sebaiknya anda gunakan sesuai kebutuhan karena jika sembarangan dapat berakibat buruk bagi kesehatan anda.

Itulah beberapa jenis suplemen olahraga yang dapat anda ketahui, semoga ulasan singkat ini dapat menambah pengetahuan anda semua. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Related posts