Perbedaan Cara Mengasuh Anak Cowok dan Cewek

Cara Mendidik Anak Laki-Laki dan Perempuan

Perbedaan Cara Mengasuh Anak Cowok dan Cewek – Orang tua merupakan sumber belajar anak yang pertama, yang akan membentuk sifat, sikap dan perilaku anak. Sebagai orang tua yang baik, maka orang tua sudah seharusnya banyak belajar dari berbagai pengalaman maupun dari berbagai referensi untuk mendidik dan mengasuh anak. Cara mengasuh anak laki-laki berbeda dengan cara mengasuh dan mendidik anak perempuan, maka dari itu orang tua harus membedakan juga pola pendidikan sesuai dengan jenis kelamin dan karakter anak.

Memiliki anak adalah sebuah anugerah dan amanah yang dititipkan Allah Swt. kepada orang tua, sudah seharusnya orang tua merawat dengan sebaik-baiknya dengan mencukupi kebutuhannya dan mendidik akhlaknya agar kelak menjadi anak yang berguna bagi agama dan negara, juga bisa membanggakan orang tuanya. Apapun jenis kelamin anak, baik cowok maupun cewek haruslah disyukuri dan semampunya untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kecerdasannya.

Perkembangan motorik anak laki-laki berbeda dengan perkembangan motorik anak perempuan, anak cowok tidak bisa dibesarkan dengan pola pendidikan untuk anak cewek dan sebaliknya mengasuh anak cewek tidak bisa dengan menggunakan pola pendidikan anak cowok. Masing-masing anak yang berbeda jenis kelaminnya, juga harus dibedakan cara mengasuh dan mendidiknya. Walaupun terdapat perbedaan dalam cara mengasuh dan mendidik, namun dalam hal pemberian perhatian dan kasih sayang orang tua haruslah adil dan bijaksana.

Anak Cowok

Anak laki-laki lebih aktif dan cepat dalam perkembangan motoriknya, motorik ini berkaitan erat dengan gerak fisik sehingga anak laki-laki lebih senang bermain, loncat sana loncat sini dan orang tua harus selalu mendukung dan terus mengawasi anak agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Anak cowok tidak bisa diperintah dengan kalimat yang terlalu panjang, cukup menggunakan kalimat perintah yang simpel dan mudah dipahami.

Rasa perhatian dan kasih sayang dari anak cowok terkadang ditutup tutupi, anak cowok agak sulit untuk mengungkapkan rasa sayang dan rasa perhatiannya. Maka dari itu, orang tua harus menjelaskan kepada anak bahwa rasa kasih sayang dan rasa perhatian harus ditunjukkan langsung kepada orang yang bersangkutan dan jangan dipendam atau jangan malu untuk mengungkapkannya.

Anak cowok juga bersifat melindungi, dia juga membutuhkan perhatian dan cinta kasih sayang serta motivasi yang lebih dari orang tua. Dan anak cowok jangan didandani seperti halnya anak cewek, hal ini harus diajarkan sedini mungkin agar dia terbiasa sampai besar nanti.

Anak Cewek

Anak perempuan lebih cepat tanggap dan cepat memahami segala bentuk perintah dari orang tua, dia juga lebih cepat dalam belajar menulis dan membaca serta dapat berkomunikasi lebih aktif ketimbang anak cowok. Untuk mengasuh anak cewek, anda sebaiknya selalu mengganti popoknya ketika dia pipis karena anak cewek lebih menyukai kebersihan dan kerapian sehingga dia mudah risih apabila ada kotor sedikit saja.

Sifat manja dan cengeng lebih melekat pada anak perempuan, sehingga orang tua harus benar-benar memberikan perhatian ekstra untuk anak perempuannya. Orang tua harus mendidiknya menjadi anak yang feminim, cantik dan menyukai keindahan juga kelembutan. Anak cewek juga harus mampu untuk membuat keterampilan dan prakarya karena anak cewek lebih cepat dalam mengembangkan keterampilan.

Berikan dia pendidikan tentang perilaku yang positif dan negatif, pendidikan yang mengajarkan untuk selalu menjauhi perbuatan dilarang oleh agama maupun norma sosial. Orang tua juga harus menjelaskan sebab akibat dari suatu perbuatan, sehingga anak dapat memahami perbandingan dari kedua hal tersebut dan dapat mengambil kesimpulan sendiri.

Inti dari cara mengasuh anak cowok dan anak cewek ini yaitu orang tua pasti akan memberikan segala yang terbaik untuk anaknya, komunikasikan dengan anak tentang kemauan anak dan berikan masukan serta pendapat terhadap kemauannya itu. Jelaskan apabila hal tersebut baik atau buruk untuk dia, jangan dibiarkan mereka mengambil suatu keputusan yang keliru.

Related posts

Leave a Comment