Tarif BPJS Kesehatan 2016

BPJS Kesehatan

Tarif BPJS Kesehatan 2016 – Mulai bulan April 2016, kebijakan baru pemerintah untuk menaikkan tarif BPJS 2016 bagi Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) akan diterapkan. Kebijakan tersebut dilakukan oleh pemerintah karena iuran yang masuk sangat banyak selisihnya dengan pelayanan kesehatan yang dilakukan, maka dari itulah kebijakan tersebut mau tidak mau harus diambil.

Kenaikan Tarif BPJS Kesehatan tahun 2016 ini berlaku untuk semua penerima bantuan, baik peserta bukan penerima upah maupun peserta bukan pekerja. Dengan adanya kenaikan tarif BPJS, diharapkan terjadi keseimbangan antara iuran dan pelayanan kesehatan sehingga semua pasien yang ingin merasakan pelayanan gratis dari BPJS juga bisa merasakannya dan tidak terkendala dengan berbagai hal teknis lagi seperti sebelum-sebelumnya.

Walaupun banyak sekali masyarakat yang menentang dan tidak setuju dengan kebijakan yang diambil oleh pemerintah, karena dianggap tidak pro rakyat dan akan menyengsarakan masyarakat. Masih banyak peserta yang upahnya tidak menentu dan kemudian dibebankan lagi dengan iuran BPJS yang semakin mahal, belum lagi biaya kebutuhan anak dan istri/suami yang akan semakin membuat ekonomi keluarga semakin berantakan.

Berikut ini adalah Tarif BPJS Kesehatan 2016 :

1. Tarif BPJS Kelas I : Dari Rp25.500/orang menjadi Rp30.000/orang setiap bulan

2. Tarif BPJS Kelas II : Dari Rp42.500/orang menjadi Rp51.000/orang setiap bulan

3. Tarif BPJS Kelas III : Dari Rp59.500/orang menjadi Rp80.000/orang setiap bulan

Saat ini peran BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan) di tengah-tengah masyarakat sangatlah besar, namun dikhawatirkan dengan kenaikan tarif yang terjadi sekarang maka peminat BPJS Kesehatan akan semakin menurun baik bagi yang sudah mendaftar maupun yang akan mendaftar nantinya. Banyak orang yang ber-spekulasi bahwa peserta BPJS Kesehatan saat ini pasti akan berkurang, karena mereka akan kesulitan untuk membayar biaya bulanannya.

Ketua Komisi IX DPR RI juga menyayangkan dengan kebijakan kenaikan tarif BPJS Kesehatan, pihak terkait harus mampu mencari solusi yang terbaik selain menaikkan iuran BPJS Kesehatan karena jaminan kesehatan masyarakat itu sangat penting. Peserta BPJS Kesehatan juga dihimbau agar tidak berhenti dan tidak keluar dari keikutsertaannya sebagai peserta Jaminan Sosial Kesehatan.

Related posts

Leave a Comment