Tips Diet Sehat untuk Mengatasi Berat Badan Berlebih

Tips Diet Sehat untuk Mengatasi Berat Badan Berlebih

Tips Diet Sehat untuk Mengatasi Berat Badan Berlebih – Masalah berat badan berlebih atau obesitas merupakan masalah yang sudah mendunia, persoalan ini tidak hanya dialami oleh para kaum wanita saja tetapi juga oleh para kaum pria. Maka dari itu, tidak sedikit orang melakukan berbagai upaya agar dapat menurunkan berat badan mereka mulai dari melakukan program diet, olahraga, mengkonsumsi berbagai jenis obat yang dapat melangsingkan tubuh. Namun sayangnya, tidak semua orang sukses melakukannya, bahkan tidak sedikit orang yang mengalami stres karena berat badan mereka tak kunjung turun setelah melakukan berbagai cara. Meskipun dengan cara diet merupakan cara yang efektif dalam menurunkan berat badan, namun jika dilakukan dengan kurang tepat atau tidak sehat malah dapat menimbulkan masalah baru dan usaha anda pun akan sia-sia.

Lalu, tips diet seperti apa yang mampu menurunkan berat badan

Pada dasarnya tips diet yang sehat yaitu dengan prinsip mengurangi jumlah asupan kalori harian, namun bukan menghilangkan jenis makanan yang mengandung zat gizi seperti karbohidrat ataupun lemak. Pad setiap jenis makanan terdapat kandungan nutrisi dan gizi serta fungsi yang berbeda bagi tubuh.

Metode diet sehat yang sering diterapkan dalam program diet yaitu dengan melakukan diet rendah kalori. Untuk pria yaitu sekitar 1500-1800 kalori perhari, sedangkan untuk wanita sekitar 1200-1500 kalori per hari. Hal ini bertujuan untuk menciptakan defisit kalori sekitar 500 kalori per hari, rancangan ini mampu menurunkan berat badan sekitar 1 pound atau sekitar 0,5 gram dalam waktu satu minggu. Penting untuk diketahui bahwa hendaknya pengurangan jumlah asupan kalori ini selalu diimbangi dengan menerapkan pola makan yang sehat dan juga seimbang.

Tips diet rendah kalori ini dibagi menjadi 5 frekuensi makan sesuai dengan pola makan berikut ini :

  1. Sarapan pagi

Pada saat sarapan, pastikan menu sarapan pagi anda dilengkapi dengan makanan yang mengandung karbohidrat, serat, protein dan juga lemak. Contohnya seperti :

  • Oatmeal 4 sdm ditambah dengan low fat milk 150 ml
  • Roti gandum 2 potong dan selai buah 1 sdm
  1. Snack
  • 1 porsi buah
  1. Makan Siang
  • Karbohidrat 6-8 sdm, 1 porsi sayur segar, 1 porsi protein, 1 porsi buah
  1. Snack
  • 1 porsi buah
  1. Makam Malam
  • Karbohidrat 3-4 sdm, 1 porsi sayur, 1 porsi buah dan 1 porsi protein

Catatan :

  • 1 porsi buah dan sayur sama dengan ukuran 1 kepal tangan atau 1 bola tenis
  • 1 porsi protein sama dengan ukuran 1 deck kartu

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk mencoba tips diet diatas?

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Semoga berhasil !

Related posts