Cara Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil

Cara Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil

Cara Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil – Masalah perut yang sering diderita oleh ibu hamil tidak boleh disepelekan, contohnya saja susah BAB (Buang Air Besar) yang terkadang menyebabkan sembelit dan rasa sakit pada perut. Kalau seperti mual-mual saat pagi hari dan pembengkakan telapak kaki sudah normal dan biasa terjadi, bahkan ini hampir dirasakan oleh semua ibu hamil.

Jangan sembarangan minum obat, terlebih lagi bagi ibu hamil. Konsultasikan kepada bidan atau dokter kandungan agar masalah anda dapat teratasi, namun sebelum memeriksakan penyakit yang sedang anda rasakan alangkah baiknya anda pelajari dulu tentang sembelit untuk ibu hamil dibawah ini :

1. Penyebab Sembelit

Pada masa-masa kehamilan minggu ke 9 sampai minggu ke 32, otot-otot usus ibu mengalami relaksasi atau istirahat sehingga kinerja pencernaan sedikit agak lambat. Hal ini disebabkan karena meningkatnya hormon progesteron, selain itu ukuran rahim juga semakin meningkat dan membesar yang akan memberikan tekanan pada perut.

2. Gejala Sembelit

Buang Air Besar seharusnya rutin setiap hari, apabila ibu hamil merasa sangat sulit BAB sampai 3 hari sulit untuk BAB maka segeralah periksa ke dokter spesialis kandungan untuk mengatasi masalah ini.

3. Cara Mengatasi Sembelit

Ibu wajib mengkonsumsi makan-makanan yang mengandung serat tinggi, agar pencernaan lancar dan sehat. Selain itu penuhi cairan tubuh dengan minum 8 gelas sehari atau setara dengan 2 liter air mineral. Olahraga yang cukup juga akan mengatasi sembelit, namun anda harus konsultasi terlebih dahulu untuk mengetahui olahraga yang aman untuk ibu hamil.

4. Waspada dengan Hal ini

Jangan sekali-sekali anda memaksa untuk BAB dan mengeluarkan kotorannya dengan cara “ngeden”, karena bisa saja akan muncul penyakit lain seperti wasir. Segera konsultasikan sembelit anda kepada dokter kandungan agar tidak muncul masalah yang baru.

Sembelit biasanya juga terjadi saat proses kehamilan, walaupun sembelit tidak berbahaya namun secepatnya harus diobati agar tidak menjadi masalah yang lebih parah. Ibu hamil harus menjaga pola makannya, makan-makanan sayuran hijau dan buah-buahan segar untuk memenuhi segala kebutuhan vitamin yang diperlukan untuk calon bayi maupun ibu sendiri.

Related posts