Dampak Stres dan Cara Mencegah Stres

Dampak Stres dan Cara Mencegah Stres

Dampak Stres dan Cara Mencegah Stres – Selain kesehatan fisik yang harus selalu dijaga, namun kesehatan mental juga wajib diperhatikan karena apabila mental lemah dan sakit juga bisa menyebabkan penyakit fisik yang mudah sekali menyerang, bahkan sampai kepada munculnya penyakit yang kronis. Tingkat stres yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah muncul dalam kehidupan anda, baik dari kesehatan, percintaan dan persahabatan.

Menurut beberapa penilitian yang sudah dilakukan, Stres dapat memicu produksi hormon buruk dalam darah sehingga dapat menyebabkan tingginya gula darah dan bisa menjadi faktor penyebab munculnya penyakit diabetes, hal tersebut sudah diriset oleh seorang psikolog yang bernama Bruce S. Rabin, M.D., Ph.D. Selain itu, diabetes juga bisa menimbulkan pola hidup tidak sehat yang dapat memperburuk kondisi kesehatan.

Pola hidup tidak sehat disini seperti pola makan sembarangan dan malas untuk berolahraga, hal tersebut sangat berbahaya untuk kesehatan dan nantinya berbagai penyakit mudah sekali menyerang terutama penyakit diabetes. penyakit diabetes dapat membuat penderitanya merasa sangat tertekan, karena untuk menyembuhkan penyakit ini harus ada komitmen yang kuat untuk mengubah pola makan dan perubahan menjadi pola hidup yang sehat.

Stres dapat menimbulkan kebiasaan buruk seperti mengkonsumsi banyak makanan yang tinggi mengandung karbohidrat dan gula dapat berakibat buruk bagi kesehatan, segeralah move on dari kebiasaan jelek tersebut karena penyakit diabetes dapat menyerang siapa saja tanpa memandang jenis kelamin, usia dan jabatan. Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan ? nah, dibawah ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah dan mengatasi Stres.

Berikut ini tips cara mencegah dan mengatasi stres :

1. Niat dan komitmen untuk tetap menjaga pola hidup sehat

2. Rutin berolahraga, selain untuk melupakan dan mengatasi stres juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh karena dengan berolahraga sampai berkeringat berarti lemak dapat terbakar secara lebih maksimal.

3. Cari tahu penyebab stres, hal ini dapat mempercepat proses pemecahan masalah yang sedang dihadapi.

4. Jangan sungkan dan malu untuk bercerita masalah yang sedang dihadapi dengan orang tua atau saudara, barangkali mereka bisa membantu permasalahan yang sedang dihadapi.

5. Berlibur di akhir pekan juga perlu untuk menghilangkan ketegangan setelah sepekan diporsir dengan berbagai pekerjaan dan beban, ketika berlibur janganlah memikirkan masalah yang sedang dihadapi dan jangan juga memikirkan tentang pekerjaan, fokuslah pada liburan yang sedang dijalani.

Related posts