Tak Perlu Takut Kehilangan Barang Saat Liburan, Ini Cara Cegahnya!

Tak terasa sudah dipenghujung tahun. Biasanya sekolah, instansi, dan universitas akan diliburan agar bisa merayakan pergantian tahun bersama keluarga atau kerabat terdekat. Sudah tak heran kalau bulan Desember akan dipenuhi dengan kepadatan wisawatan yang akan berlibur untuk menantikan detik-detik pergantian tahun.

Saat musim libur tiba, destinasi wisata pun akan ramai pengunjung, tak sedikit oknum yang ingin memanfaatkan hal ini untuk melakukan tindak kriminal kepada wisatawan seperti mencuri barang berharga. Nah supaya anda tidak mengalami hal ini, anda harus melakukan kiat-kiat pencegahannya untuk mengindari pencopet mengambil semua barang berharga anda. Yuk simak kiat-kiatnya.

Gunakan Dompet Khusus

Saat mengunjungi tempat-tempat wisata saat musim liburan ada baiknya menggunakan dompet khusus untuk liburanmu yakni dompet sabuk. Benda ini berukuran kecil dan digunakan di pinggang depan perut. Pilihlah dompet sabuk yang terbuat dari material berkualitas agar bisa menyimpan barang berharga seperti uang, handphone, kunci kendaraan dengan aman. Dompet sabuk khusus traveling ini sangat efektif untuk menyimpan barang berharga untuk dibawa berlibur. Benda yang satu ini juga bisa mengurangi ruang gerak pencopet sehingga anda dengan tenang menikmati liburan tanpa takut kecopetan.

Mendapatkan dompet sabuk ini tidak sulit, umumnya dompet khusus traveling ini tersedia di gerai perlengkapan traveling. Namun biasanya dijual dengan harga yang selangit. Blibli jual Dompet sabuk khusus untuk traveling yang berkulitas. Dapatkan voucher BliBli untuk bisa mendapatkan potongan harga. Cara mudah cukup kunjungi https://www.hadiah.me/blibli segera untuk menemukan berbagai promo menarik mulai dari potongan harga hingga cash back.

 Hindari Menggunakan Busana dan Perhiasan Mencolok

Saat berkunjung ke tempat wisata yang belum pernah anda singgah sebaiknya jangan tampil seperti turis dan menghindari menggunakan busana dan perhiasaan mencolok. Hal ini dilakukan untuk mencegah pencopet menargetkan anda sebagai korbannya. Sebab bahasa dan rupa bisa mencirikan bahwa anda adalah pendatang. Sebaiknya anda tampil percaya diri, tidak memakai perhiasaan berlibahan, dan jangan seperti turis kebingungan.

Jangan Meninggalkan Barang Berhaga

jangan pernah meninggalkan barang berhaga didalam kamar hotel. Sebab belum tentu kamar hotel atau penginapan yang anda singgahi selama berlibur sudah dilengkapi dengan keamanan yang terjamin. Tips ini tidak berlaku jika anda memang benar-benar yakin dan pihak penginapan sudah menjamin sistem keamanan hotel bekerja dengan optimal. Selain dipenginapan. Hindari juga meletakkan barang di dalam kendaraan karena akan menjadi buruan pencuri.

Hindari Berkomunikasi Dengan Orang yang Tak Dikenal

Jangan pernah sekalipun untuk mau diajak berkomunikasi dengan orang yang tiba-tiba menghampiri anda. Demi alasan apapun sebaiknya jangan terlalu percaya dengan orang yang belum anda kenal. Meskipun orang tersebut berbusana rapi atau tampak seperti wisatawan lain pada umumnya. Hindari juga kontak mata langsung pasalnya banyak kasus wisatawan yang terhipnotis menyerahkan semua barang berharganya kepada orang lain.

Percaya Insting

Jika merasa ada sesuatu yang membuat anda janggal atau menjadi tak tenang selama liburan, jangan ragu untuk memeriksa barang berharga yang anda bawa saat liburan. Pastikan memeriksnya ditempat yang aman dan kondusif. Cara ini ampuh untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Ingat Selalu Barang Berhaga Anda

Jangan sampai anda lupa dimana barang berharga anda diletakkan. Jika hal ini terjadi maka anda tidak mudah menyadari kalau ada seseorang yang telah mencuri barang anda. Pastikan selalu untuk mengingat barang-barang yang anda bawa

Dengan tips diatas anda tidak perlu cemas akan kehilangan barang berharga anda selama liburan. Selamat berlibur!

Related posts