Tanda Sedang Depresi

Tanda Sedang Depresi

Tanda Sedang Depresi – Seseorang yang pendiam lebih cenderung akan menyimpan masalahnya sendiri, sehingga bisa memicu timbulnya kecemasan dan ketakutan berlebihan. Depresi adalah salah satu akibat yang bisa ditimbulkan karena masalah yang terus menerus menumpuk tanpa ada satupun yang mendapatkan solusi dan pemecahan, hal ini sangat berdampak buruk untuk kesehatan baik fisik maupun psikisnya.

Banyak sekali yang berusaha untuk menutupi bahwa dirinya sedang depresi, mereka beranggapan bahwa depresi bisa hilang dengan sendirinya tanpa melakukan apapun. Memang beberapa kasus bisa dengan cara membiarkan saja dan kemudian depresi hilang, namun banyak kasus mengungkapkan bahwa depresi itu harus disembuhkan dengan berbagai metode karena akan berdampak buruh untuk dirinya dan juga orang disekitarnya.

Ada beberapa tanda yang wajib kita ketahui tentang ciri-ciri orang yang sedang mengalami depresi, agar kita bisa memberikan solusi dan perhatian yang tepat untuk orang tersebut :

1. Perubahan Pola Tidur dan Pola Makan

Apabila ada seseorang yang sulit tidur atau malah tidur lebih lama dari biasanya yang terus menerus terulang di besok harinya, maka ini adalah indikasi bahwa orang tersebut sedang menyimpan suatu masalah yang serius atau bahkan sedang depresi. Pola makan yang juga berubah menjadi tidak mau makan atau makan yang berlebihan dari biasanya juga bisa menandakan hal serupa.

2. Tertawa yang Dipaksa

Orang yang sedang menutupi depresinya akan cenderung memaksakan tertawanya agar terlihat bahagia di depan orang banyak, padahal tertawa atau senyum yang terpaksa sangat terlihat jelas berbeda dengan senyum atau tertawa yang normalnya.

3. Mendadak Bijak

Seseorang yang tiba-tiba omongannya menjadi sok bijaksana dan selalu membahas terlalu mendalam hal-hal yang sebenarnya sangat sepele, bisa jadi dia juga sedang mengalamai depresi karena di dalam dirinya sedang terjadi benturan hebat antara sibaik dan sijahat.

4. Bimbang dalam Meminta Bantuan

Orang normal biasanya akan meminta bantuan atau pertolongan jika sedang dalam keadaan sulit, namun berbeda dengan orang yang sedang depresi karena dia bingung menentukan masalah tersebut perlu dibantu orang lain atau cukup diri sendiri yang mengetahuinya.

5. Lebih Sensitif

Biasanya orang yang sedang depresi akan sangat sensitif jika mengalami sesuatu, contohnya menonton film sampai menangis padahal orang lain tidak menangis atau sangat pemarah terhadap hal-hal yang kecil.

6. Lebih Pesimis

Depresi juga dapat membuat orang yang mengalaminya menjadi sosok yang pesimis dan selalu mengaku kalah, tidak ada semangat dalam hidupnya untuk maju dan menang.

Related posts