Tips Agar Bisa Mengatasi Masalah

Tips Agar Bisa Mengatasi Masalah

Tips Agar Bisa Mengatasi Masalah – Mendapat berbagai kesulitan dan masalah dalam kehidupan itu adalah hal yang lumrah, semua manusia pasti pernah dan akan merasakan ditimpa masalah baik masalah berat maupun masalah sepele atau ringan. Masalah dan kesulitan bisa datang kapan saja dan kepada siapa saja, karena masalah ini ibarat ujian naik kelas dimana yang mampu menjawab menyelesaikan persoalan dengan baik maka dia akan lulus ujian dan akan naik kelas.

Begitu juga dengan kehidupan, ujian dan cobaan yang diberikan Allah kepada manusia adalah untuk mengangkat derajat orang yang sedang diuji-Nya. Tidaklah Allah memberikan ujian dan cobaan diluar kemampuan manusia yang diberikan ujian, maka dari itu kita sebagai manusia harus ikhlas dan berusaha agar menjadi kuat dan pantang menyerah untuk menyelesaikan berbagai persoalan kehidupan dengan tetap sabar dan memohon kekuatan kepada Allah Swt.

Anda juga bisa menganggap persoalan, masalah dan cobaan ini ibarat sedang bermain game di komputer. Semua game atau permainan dikomputer pasti ada misi dan tujuan yang harus diselesaikan untuk melanjutkan ke level atau stage berikutnya, entah menjalankannya dengan cara baik atau buruk tergantung pilihan hidup masing-masing. Menjalankan permain komputer dengan cara yang curang misalkan dengan menggunakan trik culas untuk mengakali dan mengelabui musuh, sedangkan cara bermain yang benar adalah dengan menjalankan permainan sesuai prosedur yang sudah ditetapkan di game tersebut.

Cara yang baik dan benar dalam menyelesaikan game atau permainan di dalam komputer tersebut apabila kita mainkan dan berhasil menyelesaikan misi yang ditentukan, maka ada rasa puas dan bangga karena telah mencapai misi dan tujuan tanpa melakukan kecurangan. Sedangkan bermain game dengan cara curang dan licik tidak akan menghasilkan rasa bangga walaupun sama-sama mencapai misi yang sudah ditentukan.

Cerita diatas sama saja dengan yang terjadi di kehidupan sebenarnya, ada hitam dan putih yang menjadi pilihan hidup manusia. Misalnya saja anda sedang lapar dan tidak punya uang untuk makan, anda bisa saja mencari uang dengan cara bekerja menjadi tukang atau jual jasa menjahit dan hal lainnya yang bisa mendatangkan uang dengan cara halal. Disisi lain ada cara yang salah seperti merampok, mencopet dan perbuatan jahat lainnya yang intinya adalah sama-sama mencari uang untuk makan, namun kedua hal ini berbeda yaitu baik dan buruk.

Semua itu tergantung pilihan hidup masing-masing, Islam mengajarkan agar selalu berbuat baik dengan cara yang baik dan menghasilkan sesuatu yang baik. Masalah pasti bisa diatasi dengan cara yang baik, asalkan kita sabar dan terus berdoa agar diberi kekuatan untuk menghadapi segala masalah dengan ikhlas. Permasalahan yang terjadi dalam kehidupan adalah warna yang akan menghiasi perjalanan kehidupan anda, tanpa warna maka kehidupan di dunia ini akan sangat membosankan.

Related posts